Nyobain Emulator PS2 Di PC

Sebenarnya agak kurang enak juga si posting "main-main" seperti ini di bulan puasa. Tapi karena pikiran lagi blank dan kayaknya udah lama banget ga posting sesuatu ya mendingan nulis ini.

Jadi ceritanya awal puasa ini saya nyobain maen PS2 di PC-ku. Kalo PS1 mah udah sering jalan di PC, udah ga aneh lagi. Tapi kalo PS2 agak susah. Dulu pernah sempet nyobain tapi gagal mulu, tapi alhamdulillah sekarang DVD PS2 nya bisa dimaenin, seneng banget karena selama ini dari kecil hingga dewasa sama sekali belum pernah maen PS2, sedihnya... Maklum dari desa, ga kenal sama yang gituan :D

Play

Ahem, sebelum kita masuk ke tutorial, saya mau ngasih tau spek kompie saya dulu. Yah, sekalian narsis dan pamer, siapa tahu ada donatur yang rela ngupgrade kompie aye yg dibeli 3 tahun lalu itu. Tapi sebenarnya buat perbandingan juga si. Siapa tau komputermu lebih canggih dan jalannya game bisa jadi jauh lebih smooth. Ini dia komputer aye:

  • Processor : AMD Athlon 3000+ @ 1,86 GHz
  • Mobo ECS NForce4 (Chipset NVidia)
  • RAM 768 Mb (3 x 256 Mb)
  • VGA ATI Radeon X300 SE 128 Mb
  • OS: Windows XP SP 2

Langkah pertama, kamu harus punya perlengkapannya dulu. At least you must have:

  • Emulator dan pluginnya. Saya pake Emulator PCSX2 versi 0.92. kamu bisa download di situsnya, gratis ini ko. Pluginnya juga bisa didownload di sana sekalian.
  • DVD PS2. Saya memainkan Final Fantasy X. Untuk percobaan, kamu harus punya FF X, karena semua FFX playable di Emulator PC, apapun region-nya.
  • BIOS PS2!! Ini yang susah, karena BIOS PS2 copyright punya sony. Jadi ga bisa sembarangan disebarluaskan dan dimiliki, kecuali kamu punya konsol PS2-nya. Cari aja di google, pasti dapet ko.
  • Software kompresi: WinZip/WinRar/TugZip/7Zip
  • Beberapa perlengkapan tambahan seperti Alcohol 120% mungkin membantu.

Pertama, kamu extract emulator kamu di suatu directory. Tempatkan plugin-pluginnya di folder plugin, dan tempatkan BIOS PS2 kamu di folder bios. Jalankan emulator kamu lalu configure. Secara umum, konfigurasi emulator PS2 di PC-ku bisa dilihat di gambar. Pertama kali kamu harus menseting plugin dan bios directory, arahkan ke folder tempat mereka berada. Kemudian, Yang paling penting adalah mengconfigure Graphics, karena akan sangat menentukan kecepatan game saat dimainkan (bisa tradeoff antara kecepatan dan kualitas grafis). Yang kedua adalah mengkonfigurasi DVD Drive plugin. Saya memakai Peops CDVD Driver. Ada baiknya kamu membuat image file dari DVD PS2 kamu misalnya dengan alcohol 120%, lalu meng-amount-nya biar jalannya game lebih cepat dan tidak merusak DVD Drive kamu. Langkah selanjutnya adalah mengkonfigurasi plugin lainnya. Misalnya controller, apakah kamu pake keyboard atau joistick, up to you lah. Jangan takut mencoba.

config

grafis

CDVD

Langkah selanjutnya, kamu harus mengkonfigurasi CPU kamu. Ada optimasi di sana. Akan sangat menguntungkan kalo prosesor kamu mendukung instruksi MMX dan SSE. Kalo prosesor baru sepertinya sudah punya fitur2 tersebut. Kalo CPU kamu bisa Hyper Threading atau punya inti lebih dari satu (Core Duo, Core2 Duo, Athlon X2, Athlon FX, Athlon Quad FX, dll) berarti kamu sangat beruntung, bisa jadi emulator kamu jalannya bagus banget.

Cpu

Setelah semua selesai, kamu tinggal maenin deh game-nya. Klik File>Run CD/DVD. Kalo saya hasilnya ga terlalu jelek tapi ga terlalu bagus juga. Tapi playable, bisa maen dengan frame rate 17-22fps, kadang bisa lebih cepat sampai 60fps. Perlu diingat bahwa tidak semua game PS2 bisa dijalankan pake emulator. Ada isu tentang compatibility di sini. Ada game yang cuman bisa sampai menu doang, intro doang, in game doang tapi abis itu ga bisa dimaenin, tapi yang playable banyak juga. Kamu bisa kunjungi situs PCSX2 untuk melihat game-game PS2 mana saja yang playable di emulator PCSX2. Dari yang saya baca yang bisa dimaenin di emulator seperti: Final Fantasy X (Semua region), Final Fantasy X-2 (beberapa region), Final Fantasy XII (beberapa region), Wild Arm (Lupa Versinya), Suikoden (lupa versinya), dan masih banyak lagi. Have Fun! :D

Update Feb'08: Actually, PS2 Emulator BIOS udah bayak bertebaran di internet, coba aja cari di google. Atau kamu bisa cari di www.esnips.com pake kata kunci BIOSnya seperti SCPH atau apa gitu. Good luck. Sori gw ga dapat memenuhi request dari email gw lagi karena sesuatu hal. Good luck sekali lagi.

Lady Yuna

Tidus dan Auron


Soul Guidance


13 comments:

Renna MY said...

q nyoba itu,,tp g bisa
Virtual MEmory Access Denied!
failed adding SE_LOCK_MEMORY previllege,,
jadi,,apa yg harus saya lakukan..
pliss bantuin y,,
q pke vista home basic
gimana??
ada ps emulator lain yg bisa digunain g??
tolong y??
btw emailQ urie_my@yahoo.com
mohon bantuannya....

Smproel said...

q dah coba cari BIOS nya, tp ga ketemu..
tolong bantu ya???

Anonymous said...

Ass.
Br0.... Klau aq dh k dnlot pcsx2 + biosny dn udh aq setting, tapi knpa ya klu mo d mainin ada tlsan"error opening gs plugin" klu g' salah ky gtu tulisanny, ap krna spec computer ny krng."intel pentium 4 celeron 2.00 Ghz, RAM 256, g' pake VGA card cm yg dari mula beli aj yg d motherboard itu, tolong di bantu .....
SELAMAT TAHUN BARU 2009

Wassalam

Richo Satriani On The Way said...

Maaf Numpang Njawab!!

Mungkin plugin yang ada di pcsx2 mu kurang!!filenya ato apanya...coba donlot lagi deh..sapa tau bisa>

Han AD said...

sekedar info aja buat bro2 sekalian,
klo pengen download pcsx2 terbaru
silakan mampir ke blog ane:

http://pcsx2-idhan.blogspot.com

rama said...

gw pke lptop AMD-X2, vga'y nVdia GeForce 9100G, RAM:hmpir 1giga. OS WinXP. Tpi koq g bs2 y?? Pa mngkin optik'y yg krang kuat??
JWB ok??!

redCherry said...

Bro, apa pernah maen FF12 pake pcsx2 0.96.
Klo dah pernah tolong kasih tau cara settingnya dunk..
Saya main FF12 pake emu tersebut, tp luambaat bgt, padahal saya sudah set fps nya 60 yg dapet hanya di bawah 10 fps.
Apa ram nya mesti diatas 512mb? soalnya punya ku 512mb.
Tolong di bales ke email saya dunk
trima kasih

villa tabina said...

cucah euy..ada pesan "error cdvd" dan Gs plugin

Han AD said...

mgkn directxnya bro masih belum update, ato settingannya masih belum bener.
Klo bro masih kesulitan, bro bisa baca panduannya menjalankan PCSX2
di blog ane, download dulu yah.

Thanks.
http://pcsx2-idhan.blogspot.com/

Gho Vinsen said...

bisa dibuat main guitar hero loo.. g usah kluar 1.5 juta

SADDANGQ said...

dimana download bios v01.00 japan console,please lagi butuh banget nih

Luka said...

Bro, kalo cari gamenya dimana?
apa harus beli DVDnya?
FF series dah

GusTra said...

nih gua kasih linknya PS2+BIOS lu tinggal donlod http://gamegaumum.blogspot.com/2008/01/room-mate-asami-okusama-wa-joshikousei.html linknya ada di kanan bawa siap -siap main ps2 tapi minta cpu yg speed tinggi baru bisa main enak heee

Post a Comment