Memulai Belajar Bahasa Java

Kamu suka pemrograman? Kamu tertarik dengan bahasa Java dan ingin mempelajariya lebih jauh? Kalau dua dintara tiga pertanyaan barusan kamu jawab ya, berarti kamu sama dengan saya.

Oke, ada begitu banyak alasan kenapa memilih belajar Java daripada belajar bahasa yang lain. Kalau kamu sering baca kamu pasti sering denger buzzword yang sering diatributkan dengan Java misalnya: multiplatform, distributed, robust, object oriented, secure, dan sebagainya. Sampe kamu pusing denger istilah-istilah itu semua tapi meyimpan sesuatu dalam hati bisikan seperti ini, "sepertinya aku tertarik belajar Java".

Kamu pun dikasih tahu atau mencari tahu lalu jadi tahu bahwa yang dibutuhkan untuk bisa belajar bahasa java adalah dengan memiliki program java-nya (JDK dan bukan JRE) di situs ini. Kamu juga jadi tahu dari situs itu kalau versi JDK yang terbaru sampai blog ini ditulis yaitu Java SE 6, itu yang kamu butuhkan. Kamu hanya butuh itu untuk bisa menulis bahasa java ditambah dengan sebuah teks editor kesukaan saya, NOTEPAD! Oke, sebenarnya kamu akan sangat dimudahkan jika memiliki alat ato program (IDE) yang namanya netbeans atau eclipse. Keduanya gratis, tetapi filesize-nya gede. Kalo koneksi internet kamu bagus, kamu lebih baik memiliki salah satu tools itu. Kalo saya lebih prefer ke eclipse.

Oke, setelah kamu istall JDK-nya. Kamu mulai menulis program dalam java. Tradisinya adalah menulis program Hello World. Kamu mulai menuliskan kode-kode asing seperti ini:

public class HelloWorld {

public static void main(String args[]) {

System.out.println("Apa kabar dunia?

Stop war, spread out peace!");

}

Lalu kamu meyimpan (save) program barusan yang kamu buat pake notepad di suatu directory dengan nama file sama dengan satu kata setelah kata class di atas tetapi dengan menambahkan .java dibelangkangnya (filetype all files) yaitu HelloWorld.java.

Kamu kini merasa siap melakukan kompilasi dengan langkah-langkah seperti ini. Pijit START, RUN, lalu ketik CMD. Doeng..keluarlah tampilan hitem yang orang sebut command prompt. Kamu pun pergi ke direktori tempat file java kamu berada lalu melakukan kompilasi dengan mengetik javac HelloWorld.java lalu pukul tombol enter. Kamu sudah merasa senang sampai kesenanganmu terganggu dengan adanya sebuah pesan error kayak gini:

javac.JPG

Untuk bisa mengkompilasi program yang kamu buat kamu harusngasih tau dulu windows dimana letak compiler java kamu berada, namanya mensetting classpath, yaitu dengan langkah-langkah yang bisa kamu cari tahu di sini Memulai Belajar Bahasa Java.

Oke, setelah kamu berhasil mensetting classpath, kamu bisa mengkompilasi dengan perintah javac, dan menjalakan programnya dengan perintah java. Kalau kamu mengetik programnya bener, program kamu bisa jalan dengan menghasilkan output Apa kabar dunia? Stop war, spread out peace!

Kalau program kamu berhasil, saya ucapkan selamat. kalo belum, coba lagi dan coba lagi sampe kamu ngerti. kamu punya google buat nyari tahu kesalahan kamu dimana. Selamat belajar!

2 comments:

Y@p said...

Haiii Bos Kok Gak Langsung Pakek NetBeans Atau Eclips Aja Sih

Kalau Pakek CMD kan Harus Nyeting Dulu JDKnya....

Pakek NetBeans Aja LO

Aku Sekarang Bingung Koneksi Ke DATABASE Oracle Dan Belajar Jeni 5 Atau Cimande Aku Bingung Buanget


Tolong Ajarin Ya MAssss

Kirim Aja Email Di yoyo_yap.yohanes@yahoo.com

Anhar Tasman said...

Sekarang ada situs yang namanya http://java.vavai.com didalamnya berisi tutorial java!

Post a Comment